Cara Meningkatkan Pagerank Blog

Anda mungkin bingung mengapa pagerank pada blog anda tidak meningkat padahal anda sudah lama berkecimpung di dunia blogging. Pasti ada penyebabnya mengapa bisa terjadi seperti itu, entah dari segi konten yang kurang berkualitas atau anda kurang aktif dalam melakukan link building.

Terlepas dari itu semua kami akan memberikan tips-tips bagaimana meningkatkan pagerank  pada blog anda, namun sebelum kami membahasnya ada baiknya kita bahas apa itu pagerank. Pagerank adalah analisa untuk menentukan peringkat untuk sebuah blog/website melalui perhitungan algoritma yang dibuat oleh mesin pencari.

Apa saja yang dihitung? mesin pencari akan melihat link yang ada pada blog anda seperti backlinks, link dofollow, link nofollow, inbound link, internal link, dan eksternal link. Setelah mengetahui sedikit tentang pengertian pagerank, mari simak bagaimana caranya.

Cara Meningkatkan Pagerank Blog



1. Konten Harus Berkualitas

Apalah artinya sebuah blog tanpa konten, pasti hanya menjadi sebuah halaman yang tak bermanfaat. Jika anda ingin meningkatkan pagerank maka anda harus memperhatikan kualitas konten. Apabila konten anda tidak berkualitas otomatis akan membuat pengunjung menjadi bosan dan malas mengunjungi blog anda.

Padahal banyaknya pengunjung adalah hal yang harus diperhatikan untuk meningkatkan pagerank. Maka dari itu cobalah buat konten/artikel yang membahas seputar tips atau membahas tentang "bagaimana cara...?". Konten yang membahas pemecahan sebuah masalah biasanya banyak dicari.

Artikel yang dibuat sebaiknya menggunakan bahasa yang baku agar dapat dipahami semua pihak dengan baik dan benar. Buatlah artikel yang simple namun memiliki minimal 300-400 kata di dalamnya.

Artikel Terkait : Cara Menulis Artikel SEO Friendly

2. Guest Blogging

Apa itu Guest Blogging? itu pasti adalah salah satu pertanyaan yang ada di dalam pikiran anda yang belum mengetahui tentang Guest Blogging. Guest Blogging adalah kegiatan blogging yang dilakukan pada blog orang lain dengan harapan mendapatkan backlinks atau pengunjung yang lebih banyak lagi.

Selain itu dengan melakukan guest blogging anda dapat meningkatkan kemampuan menulis, karena sudah dipastikan jika kita menulis pada blog orang lain tulisan jadi lebih dituntut untuk lebih baik, lebih panjang dan informatif.

3. Lakukan Blogwalking

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa kriteria pengukuran pagerank dari sebuah halaman adalah berdasakan daripada link yang masuk menuju halaman tersebut. Dengan blogwalking anda juga bisa mendulang link yang bisa langsung anda tujukan kedalam halaman tujuan anda.

Artikel Terkait : 3 Cara Mendapatkan Backlink

4. Aktiflah di Berbagai Forum Diskusi

Dengan aktif diberbagai forum anda juga bisa mendapatkan backlink yang berguna untuk mendongkrak pagerank blog anda. Bagaimana Bisa ?

Beberapa forum diskusi biasanya menyediakan fitur yang bernama signature. Disana anda bisa meletakan link signature yang langsung menuju ke blog anda. Jadi semakin anda aktif berdiskusi di forum tersebut, maka semakin banyak juga backlink yang anda dapatkan.

Dari 4 cara diatas harap khususnya pada point 2, 3, dan 4 harap anda perhatikan bahwa mencari backlink itu jangan hanya terpaku berdasarkan jumlah backlink. Tapi pikirkan juga soal kualitas backlink yang anda tanam.

Menurut saya pribadi, lebih baik anda memiliki 10 backlink berkualitas dibandingkan dengan 100 backlink yang tidak berkualitas. Lalu bagaimana kita bisa mengetahui bahwa backlink itu berkualitas atau tidak saya akan bahas pada artikel selanjutnya.

Demikian artikel kali ini mengenai Cara Meningkatkan Pagerank Blog, semoga bermanfaat !