Cara Menulis Artikel Berstandar SEO (SEO Friendly)

Cara Menulis Artikel Berstandar SEO (SEO Friendly) - Artikel adalah unsur utama dari sebuah media baik media cetak maupun elektronik. Sebuah artikel akan menjadi sesuatu yang menarik apabila artikel tersebut merupakan salah satu kesukaan dari sang pembaca.

Biasanya trik seorang penulis artikel dalam menulis artikelnya pertama kali adalah mencari tahu apakah berita atau topik yang sedang hangat diperbincangkan atau yang paling banyak dicari saat itu. Untuk blogger atau webmaster biasanya artikelnya dibuat sesuai dengan jenis blognya.

Misalnya jenis blognya tentang tips kecantikan maka sang blogger atau webmaster akan mencari artikel tentang kecantikan. Tapi judulnya tidak dinamai dengan sembarang kata, biasanya akan dilakukan riset kata kunci terlebih dahulu. Bagaimana risetnya?

Risetnya menggunakan Google Adwords, dengan Google Adwords sang blogger dapat mengetahui apa judul yang tepat untuk artikelnya. Karena keywordnya sesuai dengan pencarian yang tinggi di google.

Cara Menulis Artikel Berstandar SEO (SEO Friendly)


Setelah menemukan keyword yang tepat langkah selanjutnya untuk membuat artikel adalah menulis artikelnya sesuai dengan standar SEO (SEO friendly). Jika menulis artikel dengan tidak beraturan maka sudah dipastikan search engine akan sulit untuk menelusuri artikel anda.

Seperti apakah artikel yang berstandar SEO? mari kita lihat !


Cara Menulis Artikel Berstandar SEO (SEO Friendly)

1. Tentukan Judul Artikel

Judul sangat penting dalam sebuah tulisan/artikel, karena dari judul orang bisa mengetahui apa sebenarnya yang dibahas di dalam artikel tersebut. Tapi seperti apa judul yang berstandar SEO? 

Tentu saja judul harus menarik dan mengandung kata kunci yang sudah ditentukan saat riset. Panjang judul sebaiknya berkisar antara 5-7 kata, karena bila terlalu panjang akan berkurang kerapatan kata kuncinya.

2. Buatlah Artikel yang Teroptimisasi

Ada beberapa aturan di dalam pembuatan sebuah artikel yang berstandar SEO, mulai dari banyaknya kata sampai cara penulisan keyword. Panjang artikel baiknya lebih dari 300 kata, dan minimal 400-500 kata. Jangan lupa perhatikan bahasa, bahasa yang digunakan sebaiknya baku agar artikel lebih berkualitas.

Minimal harus ada 3 keyword di dalam 1 artikel, tapi untuk anda yang memiliki blog baru lebih baik gunakan 5-8 keyword. Pada keyword yang di awal dan di akhir harus menggunakan bold atau italic.

Tapi jangan sampai terlalu banyak terdapat bold atau italic karena bisa-bisa anda dianggap over oleh google dan kena penalty.

3. Pasang Gambar

Gambar selalu membuat artikel lebih menarik, selain itu dengan adanya gambar artikel anda akan mudah ditelusuri. Tapi jangan lupa gambar harus mengandung Alt Tag agar google lebih mudah mengetahui tentang isi gambar tersebut. Pilihlah gambar yang berukuran kecil agar loadingnya cepat.

4. Pasang Meta Deskripsi

Meta deskripsi berfungsi untuk menggambarkan isi artikel anda secara keseluruhan. Meta deskripsi sangat penting untuk mengoptimalkan kinerja blog anda pada search engine. Tapi cukup 150 karakter untuk menuliskan meta deskripsi, itu sudah memadai.

5. Gunakan Label

Label sangat berguna untuk mengelompokan artikel sesuai dengan kategorinya. Dengan begitu akan lebih mudah ditelusuri, dan dapat menunjukkan artikel lainnya yang terkait dengan artikel tersebut. Gunakan koma sebagai pemisah jika terdiri dari beberapa label.

6. Perhatikan URL Pada Artikel

Seringkali kita menemukan URL yang sangat panjang, tapi agar SEO friendly sebaiknya URL dirubah menjadi lebih pendek. Pada blogger.com kita dapat memendekan URL, untuk lebih jelasnya lihat pada menu tautan permanen.

Setelah membuka tautan permanen, pilihlah tautan permanen khusus. Lalu anda bisa mengganti URL sesuai dengan keinginan anda, tapi jangan lupa sertakan tanda - sebagai penghubung.

Setelah anda perhatikan Cara Menulis Artikel Berstandar SEO (SEO Friendly) semoga anda dapat menerapkan dalam penulisan artikel pada blog anda, supaya artikel anda menjadi SEO friendly. Selamat mencoba.

avatarTentang Penulis
Erda Meikeyana adalah seorang Mahasiswa jurusan Sistem Informasi di salah satu Universitas yang terletak di Jakarta Selatan. Selain itu dia juga seorang Freelancer sekaligus penulis untuk beberapa blog lainnya. Kenal lehih jauh dengan Erda melalui Google Plus, Facebook, dan Twitter.