Cara Meningkatkan Penghasilan Adsense

Cara Meningkatkan Penghasilan Adsense - Apakah anda seorang pemain bisnis online yang menggunakan Google Adsense sebagai media untuk mendapatkan penghasilan tambahan ?

Jika iya, maka anda sama halnya seperti saya. Memang Google Adsense merupakan layanan periklanan PPC (Pay Per Click) yang cukup menjanjikan. Selain iklan-iklan yang ekslusif dan sesuai keyword dari blog kita, Google Adsense juga membayar dengan harga yang cukup tinggi menurut saya.

Sebagai blogger Indonesia yang menggunakan blog bahasa Indonesia sebagai bahasa utamanya tentunya harga klik iklan kita sedikit lebih rendah jika dibandingkan dengan blog berbahasa Inggris. Berdasarkan sebab itu, kenapa kita perlu meningkatkan penghasilan adsense kita.



Lalu bagaimana cara kita meningkatkan penghasilan adsense kita ? Untuk mudahnya anda bisa melihat kartu skor pada dashboard Google Adsense anda. Semakin baik kartu skor maka semakin baik juga penghasilan anda.

Cara Meningkatkan Penghasilan Adsense
Berdasarkan pengalaman dan hasil uji coba (Trial and Error) maka saya coba menyimpulkan 3 hal yang menurut saya penting untuk meningkatkan penghasilan Adsense anda :

Cara Meningkatkan Penghasilan Adsense

1. Format Unit Iklan

Perlu anda ketahui bahwa format iklan sebenarnya ikut menentukan jumlah penghasilan anda. Hal ini sudah pernah saya coba sendiri. Google sendiri pun telah merekomendasikan beberapa format iklan yang berdasarkan data mereka paling efisien untuk diterpakan di blog anda.

Format iklan tersebut terdiri dari  Kotak Besar 336x280, Kotak Sedang 300x250, Spanduk Utama 728x90, dan Pilar Lebar 160x600.

Untuk lebih meyakinkan, silakan baca referensinya dari Google sendiri : https://support.google.com/adsense/answer/17955?hl=id&utm_source=aso&utm_medium=link&utm_campaign=ww-ww-et-asfe_

2. Peletakan Iklan dan Desain Template Blog

Menurut beberapa sumber dan forum adsense yang saya baca mengatakan bahwa peletakan iklan juga mempengaruhi jumlah klik yang didapat. Misal saja jika anda meletkan iklan di bagian sidebar bawah, tentunya jumlah klik yang anda dapatkan akan relatif sedikit.

Untuk hal ini anda perlu melakukan trial dan error sampai mendapatkan posisi mana yang menurut anda paling efektif. Tapi untuk memudahkan anda, saya mempunyai gambar heatmap atau denah posisi yang paling efektif berdasarkan pengalaman para publisher Google Adsense

Cara Meningkatkan Penghasilan Adsense

Nb : Semakin pekat warna itu artinya semakin tinggi jumlah klik yang di dapat !

Selain peletakan unit iklan, anda juga perlu memperhatikan template yang anda gunakan. Usahakan agar warna latar belakang template anda terlihat sinkron dengan iklan yang anda pasang.

Dalam beberapa kasus saya pernah melihat ada template yang tidak sinkron dengan unit iklan yang dipasang. Misal saja, unit iklan anda berwarna putih sedangkan latar belakang template anda berwarna gelap.

Jika digabungkan tentunya kedua hal tersebut akan tidak sinkron dan membuat unit iklan anda kurang enak untuk dipandang.

3. Perhatikan Jumlah Unit Iklan Anda

Dalam meletakan unit iklan tentunya anda juga harus memikirkan perasaan pembaca blog anda. Jangan hanya karena anda ingin penghasilan yang besar maka secara semena-mena anda meletakan iklan di sana dan sini dan pada akhirnya justru malah membuat pembaca blog anda menjadi tidak nyaman.

Jika hal itu terjadi, yang ada pembaca malah enggan mengklik iklan lantaran tidak suka dengan cara anda tersebut. Jadi saya sarankan untuk meletakan iklan dalam jumlah yang wajar-wajar saja.

Tentunya anda juga harus melihat dari segi kenyamanan para pembaca blog anda. Karena nantinya mereka lah yang akan mengklik iklan anda.

Untuk mudahnya cobalah membuat blog untuk pembaca, bukannya membuat blog untuk iklan.

Berikut diatas adalah 3 hal yang perlu anda perhatikan. Cobalah terapkan ketiga hal tersebut didalam blog anda dan lihat hasilnya. Untuk saya sendiri , saya cukup merasakan manfaat dari ketiga trik di atas.

Lalu bagi anda yang memiliki pengalaman juga mengenai hal ini, anda bisa berbagi dengan pembaca lainnya melalui kolom komentar.

Saya rasa cukup demikian artikel kali ini mengenai Cara Meningkatkan Penghasilan Adsense , semoga bermanfaat dan sukses untuk anda.