Review Niagahoster : Hosting Lokal Murah dengan Kualitas Premium

Untuk urusan hosting, biasanya saya tidak pernah pusing untuk pilih-pilih provider. Hanya 2 nama yang saya ketahui dan percaya soal urusan hosting yaitu Hostgator dan Bluehost. Keduanya merupakan provider Hosting andalan untuk beberapa website yang saya kelola sampai dengan saat ini.

Walaupun saya hanya percaya dengan hosting dari luar, bukan berarti saya anti untuk menggunakan hosting dalam negeri. Tapi memang sampai dengan saat ini masih belum menemukan hosting yang tepat dan bisa dipercaya.

Akhir tahun kemarin, kebetulan saya sedang ada niat untuk membuat blog pribadi untuk keperluan sharing foto, saya mencoba menggunakan hosting lokal dengan harga yang cukup murah yaitu Niagahoster.

Pertanyaannya, kenapa pilih hosting lokal ? Pertimbangan saya waktu itu karena blog nya personal dan saya tulis menggunakan Bahasa Indonesia, target pengunjungnya juga orang-orang dari Indonesia. Jadi saya putuskan untuk coba hosting lokal yang harganya murah waktu itu.



Pengalaman hampir 4 bulan menggunakan Niagahoster bisa dibilang cukup baik, jauh berbeda dari ekspetasi saya sebelumnya bahwa hosting lokal ya biasanya banyak minusnya. Maka dari itu, pada artikel ini saya akan buat review singkat mengenai kualitas web hosting di Niagahoster.

Paket Hosting Murah di Niagahoster


Salah satu pertimbangan penting ketika memilih hosting adalah masalah harga. Tidak usah heran, kita sebagai pelanggan tentunya suka dengan produk yang harganya murah apalagi jika disertai dengan kualitas yang baik.

Hal ini yang saya temukan pada saat menggunakan Niagahoster.

Paket Hosting Niagahoster
Paket hosting dimulai dari harga 19.800 / bulan untuk space 500 MB, cocok untuk orang yang ingin membuat personal blog seperti saya :D

Untuk masalah pembayaran juga anda tidak perlu khawatir, karena metode pembayaran yang disediakan oleh Niagahoster sangatlah beragam mulai dari :

1. Pembayaran melalui transfer Bank
2. Pembayaran dengan menggunakan kartu kredit
3. Pembayaran menggunakan PayPal
4. Pembayaran melalui Indomart & Alfamart

Hosting murah Niagahoster

Peforma Server yang Luar Biasa


Walaupun harganya cukup murah, saya bisa bilang bahwa kualitas Niagahoster ini cukup baik. Menurut saya sendiri, kualitas suatu penyedia hosting diukur dari 2 hal, pertama yaitu waktu Uptime server dan kedua adalah kecepatan akses server.

Hal ini saya buktikan dengan mengukur kecepatan akses dari personal blog yang saya host di Niagahoster, hasilnya sangat menarik. 

Hasil test akses blog saya melalui GTMetrix.com

Speed 1,5s untuk personal blog menggunakan Wordpress dengan jumlah widget yang tidak terlalu banyak dan bantuan plugin W3 Total Chache.
Selain karena waktu akses yang cepat, ada satu hal lagi yang menjadi plus point dari Niagahoster, yaitu waktu Uptime server.

Buat kamu yang belum paham apa itu waktu Uptime server, berikut adalah penjelasannya :

Waktu Uptime suatu server adalah jaminan yang diberikan oleh penyedia hosting bahwa server mereka akan selalu online/up tanpa adanya downtime (server tidak bisa diakses)

Agar lebih mudah dimengerti, berikut saya berikan gambaran waktu Uptime yang diberikan oleh penyedia layanan pada umumnya :

 99% - Itu artinya selama 1 bulan full, kemungkinan server mengalami downtime sekitar 438 menit
 99.9% - Itu artinya dalam 1 bulan full, kemungkinan server mengalami downtime sekitar 44 menit.
 99.99% - Itu artinya dalam 1 bulan full, kemungkinan server mengalami downtime sekitar 4 menit.

Lalu berapa waktu Uptime yang dijamin oleh Niagahoster ?

Menurut informasi yang diberikan pada website Niagahoster waktu Uptime yang dijamin oleh mereka adalah sebesar 99.98%, itu artinya dalam 1 bulan full, kemungkinan server mengalami downtime sekitar kurang lebih 5 menit.

Berdasarkan hasil pengecekan yang saya lakukan melalui website webhostingstuff.com, waktu Uptime dari Niagahoster ternyata mencapai angka 99.99%, tidak jauh berbeda dari yang mereka tawarkan melalui websitenya.

Waktu Uptime Niagahoster

Hal ini tentunya didukung dari kualitas Datacenter yang digunakan oleh Niagahoster. Mengutip dari website Niagahoster, Datacenter mereka menggunakan teknologi server IIX yang dioptimalkan untuk menjaga peforma layanan.

Teknologi Server Niagahoster

Layanan Support 24 Jam Terbaik !


Satu hal lagi yang tidak kalah pentingnya dalam memilih penyedia layanan hosting adalah masalah Support. Percaya atau tidak, walaupun anda sudah terbiasa menggunakan hosting, pasti ada masanya anda membutuhkan support dari penyedia layanan.

Untuk Niagahoster sendiri, mereka memiliki layanan Support 7x24 jam melalui Live Chat & Tiket. Mungkin untuk urusan ini, tidak sedikit juga layanan hosting yang menyediakan layanan support 7x24 jam.

Namun yang menarik dari Niagahoster adalah mereka juga menyediakan layanan support on call 7x24 jam. Jujur, saya sendiri lebih suka menggunakan support on call untuk hal-hal yang cukup kompleks. Jadi untuk point ini saya berikan ratting 8/10 untuk layanan support dari Niagahoster.

Layanan Support 7x24 Jam


Jika anda bertanya seberapa puas saya menggunakan Niagahoster dari skala 1 sampai 10, saya pribadi akan menjawab 8.5. Selain itu, saya juga bersedia untuk merekomendasikan layanan web hosting dari Niagahoster.

Sebagai tambahan informasi, anda juga dapat melihat review dari mereka yang merasa puas menggunakan layanan hosting dari Niagahoster disini : https://www.niagahoster.co.id/review.

Masih bingung pilih layanan hosting ? Coba dulu aja pake Niagahoster, siapa tau nanti anda betahh :).