Tips Memilih Headphone/Headset yang Baik

Seperti yang anda ketahui bahwa headphone atau headset memiliki banyak model yang diantaranya adalah model over the ear atau circumaural yang menutupi seluruh telinga, dan model supra aural atau on ear yang menempel dan menekan daun telinga. Ada juga model headphone/headset yang seperti earbuds yang hanya melekat di depan lubang telinga dan model in ear yang masuk ke lubang telinga.

Untuk lebih mengetahui lebih detil mengenai ketiga model tersebut saya akan berikan contoh gambar dan juga sedikit penjelasan untuk masing-masing model.

Model Circumaural/ Over The Ear

Tips Memilih Headphone/Headset yang Baik
Untuk anda yang suka mendengarkan musik dirumah dengan durasi yang cukup lama maka saya rasa model ini cocok untuk anda gunakan. Dikarenakan model circumaural ini memiliki bantalan lembut yang akan membuat anda nyaman untuk menggunakannya. Tapi sayangnya dengna bentuk yang besar seperti itu akan membuat anda sedikit repot dan tentunya akan menarik perhatian orang lain.

Model Supra Aural/On Ear Headphone

Tips Memilih Headphone/Headset yang Baik
Model ini terlihat lebih simple dan lebih minimalis jika dibandingkan dengan model circumaural. Nah, untuk anda yang suka hangout atau memiliki mobilitas yang tinggi, model headset/headphone ini cocok untuk anda gunakan. Namun jika anda menggunakan nya terlalu lama biasanya akan membuat daun telinga anda menjadi terasa pegal dan lelah, bahkan terkadang bisa membuat daerah di sekitar telinga menjadi lecet (Tidak selalu terjadi). Inilah penyebabnya mengapa ada beberapa pabrikan yang menyertakan bantalan bisa atau karet pada bagian earplug nya. 

Model Earphone/Earbuds Headphone

Tips Memilih Headphone/Headset yang Baik

Sebenarnya model ini hampir sama dengan model On Ear, hanya yang membedakannya adalah dengan model Earphone ini memiliki noise isolation yang sangat baik. Dengan adanya noise isolation ini suara bising dari luar dapat direduksi dengan baik. Oleh karena itu headphone jenis ini cocok untuk anda gunakan untuk melakukan aktivitas olahraga seperti bersepeda, lari pagi yang biasanya dilakukan dilingkungan yang ramai atau bising.

Selain dengan menentukan model yang cocok untuk keperluan anda, ada beberapa hal lain juga yang perlu anda pertimbangkan dalam memilih headset/headphone. Apa saja ?

Budget & Merek

Tentu saja hal pertama yang harus anda tentukan adalah budget anda. Ada yang bilang bahwa "ada harga maka ada rupa". Itu artinya jika anda ingin mendapatkan kualitas headphone/headset yang baik maka anda juga terkadang harus mengeluarkan budget yang mungkin tiak sedikit.

Selain itu merek juga mempengaruhi kualitas dari headphone/headset itu sendiri. Sebut saja merek-merek ternama seperti beats, sony, philips, panasonic, sennheiser. Biasanya headphone/headset dengan merek tersebut memiliki kualitas yang baik, tapi tentu saja dengan harga yang pantas untuk kualitas tersebut.

Sensitifitas

Sensitifitas sebuah headphone/headset ditunjukan oleh tulisan SPL( Sound Pressure Level) dalam satuan mW(MiliWatt) atau kalau dalam kemasanya bisa ditulis desiBel. Berdasarkan itu kita dapat mengetahui seberapa besar suara yang bisa dikeluarkan oleh headphone/headset tersebut. 

Tapi anda juga perlu berhati-hati dalam menentukan besaran tersebut. Karena angka yang terlalu besar juga terkadang tidak baik untuk pendengaran kita. Kalau menurut saya coba saja cari headphone/headset dengan sensitifitas kurang dari 85 desibel. Namu biasanya headphone yang beredar dipasaran memiliki sensitifitas diatas 100 desibel.

Baiklah, saya rasa itu saja tips yang bisa saya berikan mengenai cara memilih headphone/headset yang baik. Jika anda rasa artikel ini bermanfaat, maka jangan ragu untuk share artikel ini dengan teman-teman anda.