Cara Membuat Website Gratis Tanpa Bayar

Cara Membuat Website Gratis Tanpa Bayar - Membuat website gratis tanpa bayar, apakah bisa ? Jawabannya tentu bisa. Tetapi saya tidak bisa bahasa pemrograman website seperti HTML, PHP, CSS dan Javascript ? Itu tidak menjadi masalah, yang penting anda mau berusaha.

Perlu anda ketahui untuk dapat membuat website dijaman sekarang ini tidaklah diperlukan skill yang sangat khusus, asal anda mengerti saja caranya maka anda dapat membuatnya.

Sebenarnya ada banyak cara dalam membuat website mulai dari yang paling mudah sampai dengan yang paling sulit. Untuk yang paling mudah, sebut saja dengan cara membuat blog gratis di blogger, cara ini memang benar-benar gratis. Tapi sayangnya dengan menggunakan fasilitas ini anda akan berada dibawah peraturan milik Google. Jadi ketika anda melanggar atuarn milik Google, maka bukan tidak mungkin jika blog anda akan dihapus.

Cara lain untuk membuat website gratis adalah dengan memanfaatkan fitur hosting dan domain gratis dari para penyedia layanan. Untuk itu, rasanya anda perlu melihat daftar Web Hosting Gratis Terbaik  yang sudah penah saya bahas sebelumnya.

Dari daftar web hosting berikut, saya sarankan anda untuk menggunakan layanan hosting gratis dari Hostinger. Kenapa begitu ? Karena menurut saya tawaran yang diberikan cukup menarik untuk sebuah hosting gratis.

Hosting Gratis

Selain hosting, anda juga bisa mendapatkan sebuah domain gratis seperti .cu.cc, .p.ht, .ho.es dan lain-lain.

Karena saya sudah bahas diatas mengenai latar belakangnya, selanjutnya akan saya bahas bagaimana kita membuat webiste dengan fitur gratis ini.

Cara Membuat Website Gratis Tanpa Bayar 

Untuk bisa membuat website pastinya anda membutuhkan sebuah domain dan hosting. Dan seperti yang sarankan diatas, anda bisa memanfaatkan tawaran domain dan hosting gratis dari Hostinger.

1. Silakan anda mendaftar akun terlebih dahulu di Hostinger. Silakan buka website Hostinger atau klik disini
2. Setelah sampai dihalaman Hostinger, silakan klik link BUAT AKUN dibagian kanan atas (Perhatikan bagian yang saya lingkari digambar)

Cara Membuat Website Gratis Tanpa Bayar
3. Kemudian anda akan diminta mengisi formulir pendaftaran mulai dari Nama, Email, dan Password. Silakan anda isi semua. Kalau sudah, jangan lupa untuk mencentang kotak Saya setuju dan klik tombol BUAT AKUN.

Cara Membuat Website Gratis Tanpa Bayar

4. Langkah berkutnya adalah mengaktivasi akun yang barusan anda daftarkan. Silakan buka email yang tadi anda gunakan untuk mendaftar, lihat email dari Hostinger dan segera klik link aktivasi yang diberikan.

Cara Membuat Website Gratis Tanpa Bayar
5. Setelah anda mengklik link aktivasi yang diberikan anda akan diarahkan ke halaman order. Disana ada 3 paket pilihan yang ditawarkan oleh Hostinger. Silakan pilih yang gratis lalu klik tombol Order.

Cara Membuat Website Gratis Tanpa Bayar


6. Berikutnya akan tampil halaman pengaturan untuk kontrol panel. Disana akan ada 2 pilihan yang diantaranya adalah Domain dan Subdomain. Silakan pilih Subdomain untuk mendapatkan domain gratis. Pilihlah subdomain apa yang menurut anda paling cocok untuk anda gunakan.

Setelah itu, anda juga perlu mengisikan password dan jangan lupa untuk mengklik tombol Buat.

Cara Membuat Website Gratis Tanpa Bayar

7. Silakan anda tunggu proses pembuatannya sampai selesai. Apabila sudah selesai, klik lin LIHAT HASIL pada bagian kanan bawah.

Cara Membuat Website Gratis Tanpa Bayar

8. Berikutnya akan muncul halaman kontrol panel mengenai akun yang baru anda daftarkan. Klik tombol BERALIH pada bagian kanan.

9. Biasanya sesudah langkah ini akan muncul sebuah pertanyaan mengenai alasan anda menggunakan layanan Hostinger. Silakan anda jawab dengan jawaban yang sesuai lalu klik tombol Submit. Setelah itu anda akan diarahkan ke dalam akun yang mirip seperti cPanel.

Cara Membuat Website Gratis Tanpa Bayar

Saya sudah memiliki Hosting dan Domain gratis, lalu apalagi yang perlu saya lakukan ? Yang perlu anda lakukan adalah menginstall website ke dalam hosting anda. 

Website yang seperti apa yang harus saya install ? Agar mudah, saya sarankan anda menggunakan Wordpress untuk membangun website anda.

Cara Install Wordpress di Hostinger

1. Masih pada halaman yang tadi, silakan anda lihat pada kategori Website, pilihlah ikon Penginstall Otomatis.

Cara Membuat Website Gratis Tanpa Bayar

2. Klik ikon Wordpress yang ada pada halaman penginstall otomatis.

Cara Membuat Website Gratis Tanpa Bayar

3. Setelah itu anda harus mengisikan Username Admnistrator dan Password Administrator. Untuk bagian Install Ke.. Harap dikosongkan saja.

Cara Membuat Website Gratis Tanpa Bayar

4. Klik tombol Install Wordpress, biasanya anda akan ditanyakan "Isi ditektori akan ditimpa ? " Cukup klik OK.

5. Proses instalasi akan berjalan, silakan anda tunggu. Setelah itu anda akan diberikan informasi mengenai detil website anda..

Sekarang coba anda buka halaman website dengan nama domain yang anda buat tadi. Jika anda lupa, anda bisa melihatya pada detil instalasi yang tadi diberikan. Ini contoh website saya : eddywijaya.hol.es

Oh iya, jika anda ingin login ke dalam website anda, baik itu untuk memasang widget, membuat artikel, mengedit template dan semacamnya, silakan ketikan nama domain anda seperti ini : http://eddywijaya.hol.es/wp-admin

Bagi anda yang mengalami kesulitan untuk mengaplikasikan hal diatas, silakan bertanya. Bertanya bisa melalui kolom komentar atau form kontak yang sudah saya sediakan.

Satu lagi, jika artikel ini dirasa bermanfaat untuk anda, silakan share artikel ini kepada teman anda yang membutuhkan.

Baiklah, artikel kali ini mengenai Cara Membuat Website Gratis Tanpa Bayar cukup sampai disini. Semoga bermanfaat !