5 Plugin Wordpress Untuk Masalah Keamanan

Plugin Wordpress Untuk Masalah Keamanan - Wordpress memang merupakan salah satu CMS dengan platform blogging yang sangat populer dan banyak digunakan di dunia. Bagaimana tidak, CMS ini dibagikan secara gratis melalui situsnya di Wordpress.org dan bisa didownload oleh siapa saja.

Dengan begitu orang dapat mempelajari Wordpress dengan mudah bahkan mengeksplorasi core Wordpress itu sendiri. Bahkan banyak juga orang yang menemukan celah keamanan pada salah satu CMS terkemuka di dunia ini.

Mengetahui fakta tersebut, kita sebagai pengguna Wordpress haruslah bijaksana. Jangan pernah berpikir bahwa situs anda tidak akan pernah dapat ditembus keamanannya oleh orang lain. Maka dari itu anda rasanya perlu melakukan langkah-langkah pencegahan masalah keamanan dengan menggunakan 5 plugin Wordpress yang sengaja diperuntukan untuk masalah ini.

Plugin Wordpress Untuk Masalah Keamanan

1. Limmit Login Attemps

Plugin Wordpress Untuk Masalah Keamanan
Sesuai dengan namanya, plugin ini berfungsi untuk memberikan limit untuk setiap login dari suatu IP. Anda bisa mengatur berapa kali jumlah kesempatan login untuk masing-masing IP. Gampangnya adalah jika anda memberikan limit sebanyak 5 kali, maka setiap ada yang ingin login ke dalam akun Wordpress jika gagal melebihi 5 kali, dengan otomatis akan di kick (Band sementara) oleh sistem.

Hal ini memang sengaja diperuntukan untuk para peretas yang menggunakan sistem Brute Force, atau dengan cara menebak-nebak kata sandi dari akun Wordpress kita. 

2. Antivirus

Plugin Wordpress Untuk Masalah Keamanan

Sama seperti fungsi antivirus pada komputer, plugin ini berguna untuk mencegah dan menemukan file-file dalam situs Wordpress anda yang terkena virus. 

Dengan adanya plugin ini anda dapat melakukan scan secara penuh terhadap file-file yang ada di situs Wordpress anda dan apabila ada file-file anda yang terkena virus maka anda akan diberikan notifikasi melalui Email.

3. Wordpress File Monitor Plus

Plugin Wordpress Untuk Masalah Keamanan

Jika antivirus berfungsi untuk mencegah dan menemukan file-file yang terkena infeksi virus, plugin ini berfungsi untuk memonitor setiap perubahan yang terjadi pada file-file di situs Wordpress anda.

Plugin ini akan melakukan pencatatan setiap ada perubahan pada file-file anda dan akan melaporknnya kepada anda melalui Email. Ini akan sangat berguna untuk mengetahui apabila ada peretas yang berhasil menembus situs anda.

4. Replace WP Version

Perlu anda ketahui bahwa setiap versi Wordpress memiliki celah keamanan yang berbeda, biasanya semakin lama versi anda maka celah keamanannya semakin banyak. Karena biasanya disetiap update versi Wordpress, mereka akan menutup celah keamanan yang ditemukan pada versi sebelumnya.

Untuk menyiasati hal ini, ada baiknya jika anda menggunakan plugin yang satu ini. Dengan plugin ini, anda dapat menyembunyikan versi Wordpress yang sedang anda gunakan sekarang. Sehingga ini bisa cukup merepotkan bagi orang yang ingin mencoba meretas situs Wordpress anda.

5. Better WP Security

Plugin Wordpress Untuk Masalah Keamanan

Menurut saya plugin ini memiliki banyak fungsi yang diinclude ke dalam satu plugin. Di dalam plugin ini kita juga dapat menemukan fitur yang mirip seperti limmit login attemps, fitur backup otomatis, fitur mengganti nama prefix database secara otomatis, atau anda juga bisa mengganti URL halaman login anda, dan masih banyak lainnya.

Plugin-plugin diatas sebenarnya tidak perlu anda pasang semua ke dalam situs Wordpress anda, anda perlu memilih-milih dahulu plugin mana yang paling diperlukan. Karena menginstall terlalu banyak plugin juga akan memakan space hosting anda.

Semoga artikel kali ini mengenai Plugin Wordpress Untuk Masalah Keamanan bermanfaat !