Cara Membuat Blog Terkenal dan Banyak Pengunjung

Cara Membuat Blog Terkenal dan Banyak Pengunjung sangatlah banyak dan beragam sekali, tidak terpaku hanya dari satu aspek tertentu. Sebagai seorang blogger, tentunya membuat blog menjadi terkenal dan memiliki banyak pengunjung merupakan tujuan utama yang harus dicapai, apalagi bagi anda yang terjun ke dunia blogging untuk tujuan mencari uang.

Untuk mewujudkan hal tersebut juga dibutuhkan kerja keras dan waktu yang tidak sebentar, jadi anda memang harus benar-benar sabar dan melakukannya secara konsisten. Jangan anda berharap bahwa anda dapat mewujudkannya hanya dalam waktu satu malam.

Dalam artikel ini saya akan coba membagikan beberapa cara hasil trial dan error dalam mempromosikan blog ini. Dimulai dari cara yang sederhana hingga cara yang melelahkan, untuk lebih lengkapnya mari kita lihat dibawah ini :

Cara Membuat Blog Terkenal dan Banyak Pengunjung

 Cara Membuat Blog Terkenal dan Banyak Pengunjung

1. Fokus Pada Satu Topik

Dalam membuat blog, pastikan anda fokus pada satu topik tertentu dalam pembahasan anda. Ini yang akan membuat blog anda menjadi unik dan punya ciri khas sendiri. Misal : Blog anda membahas topik seputar kesehatan, maka pastikanlah anda membuat artikel-artikel yang sesuai dengan kebutuhan para pembaca blog anda. 

Seiring dengan berjalannya waktu biarkanlah para pengunjung blog anda sendiri yang menilai bahwa blog anda memang tempat khusus untuk mendapatkan artikel seputar dunia kesehatan. Jika sudah begitu, mereka akan melakukan promosi sendiri tanpa anda perlu minta.

2. Buat Artikel yang Berkualitas

Ketika anda membuat artikel, perhatikanlah dari segi para pembaca blog anda. Cobalah anda seakan-akan menjadi pembaca yang membaca artikel anda sendiri, dengan begitu anda dapat menemukan kejanggalan-kejanggalan yang anda temukan dalam artikel anda. Karena biasanya apa yang menurut kita baik sebagai penulis belum tentu baik dimata para pembaca.

Usahakan agar artikel yang anda buat dapat memenuhi kebutuhan informasi si pembaca, jadi jangan hanya sekedar untuk mengincar kata kunci yang jumlah pencariannya sangat banyak. Untuk mebuat orang menyukai blog anda, maka anda perlu memberikan kesan pertama yang baik.

3. Ciptakan Hubungan yang Erat dengan Para Pembaca

Anda tahu mengapa kaskus.com begitu terkenal dan memiliki member hingga jutaan orang ? Kalau menurut saya, itu karena kaskus bisa mencipatakan kondisi dimana masing-masing member memiliki ikatan yang kuat sebagai teman bahkan seperti keluarga. Mereka menganggap bahwa diri mereka adalah bagian dari kaskus dan bangga karenanya (Agak sedikit berlebihan, hahahaha)

Dengan perasaan seperti itu, mereka (Para Member) tidak akan sungkan untuk mempromosikan kaskus kepada teman-teman mereka baik itu dari mulut ke mulut atau bahkan dengan menggunakan jejaring sosial.

Didalam blog, anda bisa memanfaatkan kolom komentar untuk menciptakan komunikasi 2 arah antara anda dan para pembaca blog anda. Anda bisa memulai dengan merespon komentar dari para pembaca sehingga mereka merasa bahwa setiap komentar yang mereka berikan benar-benar dibaca atau di tangapi.

4. Jangan Lupa Untuk Berpromosi

Hal yang satu ini memang tidak boleh luput dari pikiran anda. Walaupun blog anda memiliki artikel berkualitas dan jumlahnya banyak, anda masih perlu juga yang namanya promosi untuk mendatangkan pengunjung ke blog anda.

Cara dalam melakukan promosi sangatlah banyak, anda bisa berpromosi baik itu menggunakan Jejaring Sosial seperti membuat fanspage facebook, membuat akun twitter untuk blog anda, atau dengan membuat akun google plus.

5. Perhatikan Faktor SEO

Kenapa saya letakan point SEO pada bagian terakhir ? Karena menurut saya hal ini merupakan hal yang tidak ada habisnya (Perlu anda lakukan secara terus menerus). Dengan SEO anda bisa mendapatkan trafik dari mesin pencari.

Trafik yang anda dapatkan disini bisa sangat besar melebihi apa yang dibayangkan. Tapi untuk itu anda perlu kerja yang tidak sebentar dan butuh konsistensi dari anda. Untuk masalah SEO sendiri saya mempunyai referensi yang bagus untuk anda yang memang benar-benar ingin mendalaminya. 

Anda bisa membuka blog http://trikmudahseo.blogspot.com . Disana anda akan menemukan panduan-panduan untu memulai SEO secara terarah dan teratur.

Hal yang perlu anda ingat adalah bahwa ukuran setiap orang akan kata "terkenal" itu berbeda-beda. Jadi dalam menentukan seberapa terkenal sebuah blog, tidak ada ilmu pastinya, semuanya tergantung opini masing-masing.

Baiklah, saya rasa artikel kali ini mengenai Cara Membuat Blog Terkenal dan Banyak Pengunjung cukup sampai disini. Semoga dapat bermanfaat & By the way, Selamat Tahun Baru 2014 , Semoga sukses untuk anda semua.