5 Plugin Wordpress yang Perlu Anda Install

Untuk memunculkan fitur-fitur atau fungsi tertentu di dalam blog biasanya dibutuhkan script tambahan, tapi lain halnya dengan Wordpress. Wordpress memiliki banyak sekali plugin yang dapat langsung di download baik yang gratis maupun berbayar.

Tentu saja ini dapat mempermudah anda memperbaiki kinerja blog. Mengapa begitu? karena anda bisa dengan mudah menambahkan fitur yang dibutuhkan blog tersebut. Untuk membuat blog yang lebih serius anda mungkin beralih ke Wordpress khususnya yang melakukan Self Hosting.

Agar kualitas blog anda bertambah baik, dibutuhkan plugin terbaik. Maka dari itu kami akan merangkum apa saja plugin yang wajib/perlu anda install. Berikut adalah beberapa contoh plugin yang harus diinstall :

5 Plugin Wordpress yang Perlu Anda Install


5 Plugin Wordpress yang Perlu Anda Install


1. Google XML Sitemap

Sitemap berguna agar mesin pencari lebih mudah untuk mengindex blog anda, karena Sitemap atau daftar isi merupakan navigasi yang mempermudah mesin pencari mengenali struktur blog. Maka sangatlah penting untuk anda menginstall plugin Google XML Sitemap.

2. All In SEO Pack

Ada 2 faktor dalam pengembangan SEO yaitu faktor Onpage dan Offpage. Di dalam faktor Onpage unsur utamanya adalah Meta Tag, Meta Description dan Title. Tapi Wordpress tidak menyediakan layanan tersebut sehingga anda harus menambahkan script.

Untuk anda yang memang mempunyai ilmu dalam hal coding mungkin ini mudah, tapi bagaimana dengan yang tidak? anda pasti akan kebingungan. Tapi tenang saja Wordpress memiliki plugin yang bernama All In SEO Pack, anda hanya tinggal mendownloadnya saja tanpa harus menambahkan script.

3. Contact Form

Kolom komentar memang sarana bagi pengunjung blog untuk melemparkan pertanyaan, kritik serta saran seputar konten pada blog anda. Tapi Contact Form juga diperlukan, agar pengunjung dapat mengirim pesan secara pribadi kepada anda, pemilik blog tersebut.

4. Related Posts

Related Posts hampir sama seperti Google XML Sitemap, tapi bedanya plugin ini sangat berperan untuk membantu pengunjung menemukan artikel terkait dengan artikel yang sedang mereka baca. Dengan begitu pengunjung akan melihat artikel-artikel lain pada blog tersebut dan pastinya ini akan meningkatkan bounce rate pada blog anda.

5. TF Social Share

Jangan lupa untuk menginstall plugin yang satu ini, TF Social Share adalah plugin yang berguna untuk melakukan share ke social media seperti Facebook, Twitter, dan Google Plus. Dulu memang para blogger hanya fokus terhadap konten dan backlink. Tapi kini Algoritma Panda sudah mulai mempertimbangkan aktifitas kita melakukan sharing ke social media dalam hal SEO.

Tidak hanya itu, jika pengunjung blog anda suka dengan konten/artikel pada blog tersebut, dia pasti akan melakukan share pada jejaring sosialnya. Sehingga blog anda akan tersebar luas itu sangat baik untuk meningkatkan page views pada blog anda.

Dengan 5 Plugin Wordpress yang Perlu Anda Install tadi, sudah dapat dipastikan performa blog anda akan lebih baik dari sebelumnya. Untuk itu tak ada salahnya anda coba menginstall ke-5 plugin tersebut. Semoga dapat bermanfaat untuk blog anda!