Peluang Bisnis Online Terbaik Menurut Saya

Peluang Bisnis Online Terbaik Menurut Saya - Setiap orang yang berhasil dibidangnya tentu mengatakan bahwa bidang tersebut adalah bidang yang terbaik, dan itu memang benar adanya.

Setiap orang tentunya memiliki karakter yang berbeda-beda dan juga pendapat yang berbeda-beda. Ada yang bilang bahwa olahraga adalah bidang terbaik, memasak adalah yang terbaik dan sebagainya.

Begitu pula dengan bisnis online, ada yang bilang bisnis ini adalah bisnis terbaik. Tapi mungkin ada juga yang bilang bahwa bisnis ini tidak menarik dan hal itu wajar saja. Namun saya sendiri berkata bahwa bisnis ini adalah bisnis yang menjanjikan, kenapa ? Karena saya sendiri sedang menjalaninya saat ini dan sudah merasakan profitnya walaupun belum sebesar seperti yang diimpikan oleh orang-orang.

Bisnis Online Terbaik


Berbicara mengenai bisnis online, saya memiliki beberapa model bisnis yang dapat anda coba. Mari baca dengan seksama !

Bisnis Online Terbaik

1. Membuka Toko Online

Model seperti ini sebenarnya merupakan perkembangan dari cara berjualan pada umumnya. Namun yang membuat model ini menjadi menarik dan juga berpeluang tinggi tentunya dikarenakan 3 hal :

  • Modal
Jika anda ingin membuka sebuah toko online, anda tidak akan menghabiskan modal yang begitu besar seperti kita membuka toko konvensional pada umumnya. Kenapa ?

Pertama, anda tidak harus membeli atau menyewa tempat yang harganya bisa berkisar jutaan atau bahkan puluhan juta. Kini anda bisa menghemat biaya itu hanya dengan membeli sebuah hosting dan juga domain untuk toko anda.

Mungkin untuk ukuran toko kecil menengah anda hanya akan menghabiskan biaya 500 ribuan untuk menyewa hosting dan domain pertahunnya. Bedanya cukup signifikan bukan jika dibandingkan dengan membeli atau membeli tempat untuk membuka toko konvensional ?

  • Pangsa Pasar

Seperti yang kita semua ketahui bahwa dewasa ini perkembangan media internet sangatlah pesat di Indonesia dikarenakan semakin banyaknya perangkat-perangkat mobile dan juga akses internet yang semakin mudah didapatkan.

Hal itu tentu saja akan berdampak sangat baik untuk kemajuan model bisnis online dan itu sama saja seperti mendapatkan ribuan calon pembeli baru. 

Di dalam media online pun anda tidak lagi mengenal batasan wilayah. Mungkin jika biasanya orang berjualan hanya untuk memenuhi kebutuhan disuatu daeah tertentu kini dengan toko online anda bisa berjualan dengan pembeli yang tempat tinggalnya berbeda pulau sekalipun, apalagi sekarang sudah banyak jasa kurir untuk pengiriman barang dan juga menggunakan transfer bank untuk pembayaran.

  • Stok Barang
Selain modal dan juga pangsa pasar tentunya anda harus memperhatikan hal yang satu ini. Jika anda menjual barang dengan metode online biasanya mencari barang itu tidaklah sulit.

Ada beberapa pemilik toko online yang bahkan tidak mempunyai stok barang satu pun, lalu jika begitu bagaimana mereka berjualan ? Ingat ! dalam transaksi online itu kita hanya memperkenalkan barang yang kita jual melalui gambar. Jadi pada intinya si calon pembeli tidaklah melihat barang asli nya bukan ?

Metode ini biasa disebut sebagai Dropshipping, yaitu dengan berjualan tanpa stok barang. Anda hanya perlu mencari gambar produk yang ingin anda jual dan mulai pasang di toko online anda. Jika ada seseorang yang membeli barang tersebut barulah anda memesan kepada produsen barang yang bersangkutan dan biasanya masalah pengiriman barang akan ditanggung oleh si produsen barang.

Dengan begitu anda tidak perlu merasa khawatir untuk mengeluarkan modal besar untuk melakukan stok barang.

Sampai dengan saat ini saya hanya mengetahui 2 nama produsen yang menerapkan metode Dropshipping seperti itu. Mereka adalah shoppingtas.com (menjual tas wanita) dan muslimgaleri.com (menjual aneka busana muslim). 

Kekurangan Model Bisnis ini : Rasanya terlalu aneh jika kita hanya berbicara mengenai kelebihan tanpa memperhatikan kekurangan, karena pada dasarnya setiap hal yang terbaik sekalipun pastinya memiliki kekurangan.

Sama halnya seperti toko konvensional, toko online pun tentunya memiliki isu mengenai keamanan. Toko online anda bisa saja dhack atau diretas oleh orang lain. Maka dari itu jika anda ingin berkecimpung di bisnis ini, anda harus mulai belajar mengenai hal ini dan mengikuti segala macam perkembangannya.

Selain itu semakin baik potensi kesuksesan model bisnis ini maka semakin banyak juga pesaing anda. Karena tidak hanya anda saja yang mengetahui seberapa besar potensi bisnis ini, orang-orang diluar sana juga tentunya sadar akan hal ini dan mulai terjun menggeluti bisnis ini.

2. Membuka Jasa Periklanan

Bisnis Online Terbaik
Selain berjualan, kita juga bisa sukses dengan menjual jasa di internet. Jasa yang dimaksudkan disini adalah jasa periklanan.

Bagaimana cara kerjanya ?

Tujuan dari iklan adalah untuk mempromosikan sebuah produk, barang ataupun jasa kepada publik luas agar produk, barang , ataupun jasa itu menjadi lebih laku akibat publikasi tersebut.

Iklan tersebut biasanya tampil dalam banyak media seperti koran, majalah, spanduk, baliho, dan juga televisi. Tapi seiring dengan perkembangan dunia internet dan juga semakin bertambahnya para pengguna internet maka media online tentunya menjadi lahan yang tidak bisa dilewatkan dalam jasa periklanan.

Untuk memulai model bisnis ini pun banyak sekali caranya mulai dari yang gratis hingga sampai yang berbayar. Untuk yang gratis anda bisa lihat blog ini, dimana saya membuatnya secara gratis dengan menggunakan layanan membuat blog gratis dari blogger

Sedangkan untuk cara berbayar mungkin anda bisa membuat sebuah website yang lebih proffesional seperti forum, jejaring sosial, atau situs apapun itu yang bisa mendapatkan banyak pengunjung sehingga bisa dijadikan tempat memasang iklan.

Kekurangan Model ini :   Untuk membuat sebuah blog ataupun website yang populer dan memiliki banyak pengunjung tentunya tidaklah semudah membalikan telapak tangan. Selain membutuhkan waktu yang cukup lama, hal ini juga membutuhkan kesabaran dan semangat yang tinggi. 

Jika ternyata anda tertarik dengan model seperti ini mungkin ada baiknya jika anda membaca artikel saya mengenai cara mendapatkan uang dari blog .

3. Jual Beli Website

Bisnis Online Terbaik
Jika diibaratkan, website itu bagaikan sebuah media yang berisi banyak sekali konten baik itu artikel, gambar, musik, video, aplikasi dan semacamnya.

Sama seperti benda-benda lain pada umumnya, website juga ternyata bisa dijual. Harga yang ditawarkan juga bervariasi tergantung bagus atau tidaknya sebuah website. 

Orang membeli sebuah website bisa dipengaruhi oleh banyak hal. Mungkin karena dia suka dengan sebuah website maka dia membelinya, bisa juga dia berniat untuk menginvestasikan uang nya dengan membeli sebuah website. Ingat perkataan saya ? bahwa website bisa menjadi lahan untuk mencari uang, sebut saja dengan membuka jasa iklan.

Kebetulan saya mengetahui seseorang dari Indonesia yang menjalani model bisnis seperti ini. Orang ini bernama Herman Yudiono, dia menjalani model bisnis online dengan menjual blog-blog berbahasa inggris yang membahas topik-topik tertentu secara khusus.

Selama saya mengikuti perkembangan yang disampaikan olehnya, dia pernah mendapatkan sekitar $2500 dengan menjual 2 buah blog nichenya. Untuk lebih jelasnya silakan lihat di blog mas herman ini yaitu blogodolar.com.

Kekurangan Model ini : Sama seperti model kedua, untuk membuat sebuah website yang memiliki nilai jual pastinya diperlukan waktu dan juga dedikasi yang tinggi. Jadi pada intinya anda haruslah benar-benar niat dalam menjalani model bisnis seperti ini. 


Kini anda sudah mengetahui cara mendapatkan uang dari internet dengan membaca artikel ini. Dari ketiga model diatas, menurut anda model mana yang paling cocok untuk anda ? saya tunggu pendapat anda dikolom komentar.

Baiklah, saya rasa artikel kali ini mengenai Peluang Bisnis Online Terbaik Menurut Saya sampai disini saja. Semoga bermanfaat !