Kriteria Template Blog SEO Friendly

Kriteria Template Blog SEO Friendly - Penggunaan template pada blog adalah salah satu hal yang penting diperhatikan, kenapa? Karena template sangat berpengaruh untuk menarik perhatian pengunjung pada blog anda. Jika tampilan template menarik maka orang akan betah berlama-lama mengunjungi blog anda.

Berbagai pilihan template sudah disediakan pada blog yang anda gunakan, walaupun begitu banyak website yang menawarkan template yang free. Tapi untuk menunjang tampilan agar lebih menarik sebaiknya anda memakai template yang bukan dari bawaan karena lebih bervariatif.

Tak hanya itu yang membuat template menjadi sangat penting. Mungkin anda seringkali bingung mengapa artikel yang anda buat tidak terindex pada search engine. Bisa jadi karena template yang anda gunakan tidak SEO friendly.

Kriteria Template Blog SEO Friendly


Apa itu template yang SEO friendly? yaitu template yang dapat membantu artikel anda agar mudah ditelusuri karena ada unsur-unsur tertentu.

Pilihlah salah satu template yang menarik, jangan menggonta-ganti template karena itu akan membuat search engine kesulitan menulusuri blog anda.

Unsur atau kriteria yang ada pada template ini memang cukup banyak, maka dari itu mari kita cermati apa sajakah Kriteria Template Blog SEO Friendly.

Kriteria Template Blog SEO Friendly

1. Perhatikan Format Tag

Biasanya pada format title tag yang pertama kali muncul adalah judul blog, tapi agar SEO friendly sebaiknya judul artikel ditampilkan terlebih dahulu sebelum judul blog. Template juga harus memiliki meta tag agar mempermudah blog anda dalam proses pengindexan.

Pada meta description lebih baik terdiri dari 150 karakter. Gunakan rel='canonical', hal ini untuk mencegah terjadinya banyak versi halaman yang terindex oleh google. Meta robots juga diperlukan agar tidak terjadi duplikat pada meta description.

2. Breadcrumbs

Apa itu breadcrumbs? Breadcrumbs adalah navigasi untuk membuka link selanjutnya ataupun kembali ke link sebelumnya, atau lebih jelasnya breadcumbs dapat memperjelas dimana posisi anda saat itu. Pilihlah template yang memiliki breadcumbs agar seach engine mengenali struktur pada blog anda.

3. Ringan

Jangan memilih template yang loadingnya lama karena pengunjung akan kesusahan dalam mengakses blog dan itu akan membuatnya menjadi malas untuk membuka blog anda, carilah template yang ringan.

Bukan hanya itu saja, jika template yang digunakan ringan maka akan mempermudah spider bot untuk menelusuri blog anda pada waktu mengindex.

4. Heading

Untuk heading, ukuran yang dipakai berbagai macam.  Pada header gunakan <h1>, lalu untuk judul artikelnya gunakanlah <h2>. Dan pada widget gunakan <h4> atau <h5>.

5. Struktur

Letakkan header di bagian paling atas, dan sebaiknya header menampilkan judul halaman.Untuk artikel lebih bagus berada pada sisi kiri sedangkan sidebar di sisi kanan, karena orang pasti akan melihat sebuah tulisan awalnya dari sisi kiri, dengan begitu akan lebih mudah dibaca.

Bagaimana dengan menu? menu akan lebih baik terletak di bawah header, usahakan isi link pada menu berurut berdasarkan yang paling penting. Begitupun dengan sidebar, yang paling penting lebih baik terletak paling atas. Link yang sekiranya kurang penting lebih baik diletakkan pada bagian footer.

Dari beberapa Kriteria Template Blog SEO Friendly di atas diharapkan dapat membantu anda untuk memilih template yang SEO friendly, dan dapat memaksimalkan kinerja blog anda. Semoga bermanfaat.

avatarTentang Penulis
Erda Meikeyana adalah seorang Mahasiswa jurusan Sistem Informasi di salah satu Universitas yang terletak di Jakarta Selatan. Selain itu dia juga seorang Freelancer sekaligus penulis untuk beberapa blog lainnya. Kenal lehih jauh dengan Erda melalui Google Plus, Facebook, dan Twitter.