Cara Mengukur Kecepatan Loading Blog

Cara Mengukur Kecepatan Loading Blog - Loading sebuah blog merupakan salah satu dari banyak hal yang sangat penting untuk blog anda. Hal ini tentunya menjadi hal yang perlu diperhatikan oleh para webmaster.

Percaya atau tidak, loading blog yang cepat akan membuat para pengunjung blog anda betah berlama-lama untuk menjelajahi blog anda. Dengan begitu, bukannya tidak mungkin jika tingkat konversi blog anda juga ikutan meningkat.

Maka dari itu sebagai seorang webmaster pastinya kita perlu melakukan cek and ricek terhadap blog yang kita miliki saat ini. Siapa tahu saja ada yang perlu anda koreksi dari blog yang anda miliki saat ini.

Cara Mengukur Kecepatan Loading Blog


Untuk mengukur kecepatannya juga tidak bisa dilakukan secara mengira-ngira sendiri karena belum tentu kecepatan internet yang anda miliki sama seperti kecepatan internet orang-orang yang membuka blog anda.

Maka dari itu anda perlu sebuah tool khusus untuk melakukan pengukuran ini. Untuk caranya mari kita lihat caranya di bawah !

Cara Mengukur Kecepatan Loading Blog

  • Silakan kunjungi Google Page Speed Insight 
  • Disana anda akan melihat sebuah Text box yang bertuliskan ENTER A WEB PAGE URL, slakan masukan alamat URL blog yang ingin anda ukur kecepatannya. Jika sudah klik tombol ANALYZE
Cara Mengukur Kecepatan Loading Blog

  • Tunggu sampai prosesnya selesai maka setelah itu akan muncul hasilnya.. Lihat gambar di bawah ini !
Cara Mengukur Kecepatan Loading Blog
Dari hasil pengukuran pada blog saya menunjukan bahwa kecepatan loading blog saya itu berada di angka 71 untuk Dekstop (Komputer, Laptop) dan 72 untuk Mobile (Handphone, tablet, dsb). Semakin besar angkanya maka semakin baik kecepatan loading anda. 

Perhatikan juga bahwa ada 2 hal yang saya soroti pada gambar diatas yaitu bagian A dan bagian B. Bagian A itu maksudnya adalah kecepatan loading blog anda untuk 2 komponen, Dekstop dan Mobile.

Sedangkan bagian B maksudnya adalah beberapa sugesti atau hal-hal yang menyebabkan loading blog anda menjadi berat. Bagian yang diberi tanda seru dan berwarna merah itu berarti perlu anda perbaiki. Lalu untuk bagian yang berwarna kuning dan hijau itu tandanya sudah oke dan tidak perlu perbaikan.

Baiklah, saya rasa artikel kali ini mengenai Cara Mengukur Kecepatan Loading Blog cukup sampai disini. Semoga bermanfaat !