Cara Mengetahui Jumlah Backlink Blog

Cara Mengetahui Jumlah Backlink Blog - Topik kali ini akan membahas salah satu komponen SEO yang cukup penting, yaitu backlink. Sampai dengan saat ini backlink masih memegang peranan penting dalam perkembangan ranking blog anda di SERP.

Banyak orang mengatakan bahwa pada era panda dan penguin kita harus fokus pada masalah onpage dan juga sinyal dari jejaring sosial. Tapi itu bukan berarti bahwa backlink tidak lagi menjadi hal yang penting.

Backlink tetap penting, hanya mungkin porsinya saja yang sedikit berkurang dibanding sebelum era panda dan penguin. Jika dahulu orang bisa menempati ranking yang tinggi pada SERP hanya bermodalkan backlink, kini sudah tidak bisa lagi.

Cara Mengetahui Jumlah Backlink Blog


Algoritma google kini juga menekankan kepada kita sebagai webmaster untuk membuat konten yang bermutu agar bisa menempati top position Google itu sendiri.

Trik kali ini adalah sekedar mengetahui besaran jumlah backlink yang sudah anda peroleh untuk blog anda. Sebenarnya di dalam Google Webmaster anda juga bisa mengintip seberapa banyak backlink blog anda. Caranya adalah :

  • Masuk ke Google Webmaster Tool
  • Pada halaman dashboard pilih blog yang akan anda lihat backlinknya
  • Pada bagian LALU LINTAS PENELUSURAN pilih TAUTAN KE SITUS ANDA
  • Disitu biasanya akan muncul berapa jumlah backlink blog anda
Melalui langkah ini anda dapat mengetahui berapa besaran backlink yang dimiliki oleh blog anda. Tapi ini sebatas untuk melihat jumlah dan asal link tersebut, tidak lebih. Selain itu sifatnya pun personal, jadi hanya si pemilik blog lah yang dapat melihat jumlah backlinnya.

Sebagai seorang yang selalu memantau pesaing, tentunya kita juga ingin mengetahui apa saja perkembangan yang sudah didapat oleh pesaing kita. Dalam hal ini mudahnya adalah mengetahui jumlah backlink dari blog pesaing, sehingga dengan begitu kita dapat mengambil langkah-langkah yang diperlukan.

Lalu apakah kita bisa mengetahui jumlah backlink blog orang lain ? Tentu saja bisa. Banyak sekali website penyedia layanan yang gunanya adalah untuk memeriksa berapa indeks backlink dari sebuah domain.

Bagaimana Cara Mengetahui Backlink Orang Lain ?

Setelah membaca artikel mengenai backlink pada blog +Ricky Pratama akhirnya saya mendapatkan sebuah website yang menurut saya fungsinya cukup bagus untuk masalah ini. 

Situs itu adalah ahrefs.com . Dengan situs ini kita dapat melihat jumlah backlink yang didapatkan oleh suatu domain. Caranya pun cukup mudah, silakan lihat di bawah ini 

Pertama-tama anda harus mendaftar dahulu di situs ahrefs.com
  • Isikan Email dan Password sesuai dengan kolom yang disediakan, pilihlah paket FREE untuk berlangganan secara gratis
  • Jangan lupa centang kotak I AGREE TO AHREFS TERMS OF USE lalu klik tombol register
  • Kemudian buka email anda dan aktifkan akun ahrefs anda
Setelah anda memiliki akun ahrefs, sekarang mari kita cari tahu bagaimana cara menggunakannya. 
  • Pertama-tama silakan anda kunjungi halaman beranda ahrefs.com
  • Pada kota ENTER THE DOMAIN URL masukan alamat domain yang ingin anda cek backlinknya.  Misal http://digitalareas.blogspot.com setelah itu klik tombol TRY IT FOR FREE
Cara Mengetahui Jumlah Backlink Blog


  • Coba anda perhatikan informasi yang dihasilkan
Cara Mengetahui Jumlah Backlink Blog

Berdasarkan informasi di atas kita dapat mengetahui bahwa :
  • Bagian A : Menandakan jumlah backlink yang sudah di dapatkan. Untuk kasus di atas 17 K(Ribu)
  • Bagian B : Angka 16.745 adalah jumlah backlink tepatnya dan bisa di klik. Gunanya adalah untuk memunculkan 500 halaman teratas yang memberikan backlink kepada Digital Areas
  • Bagian C : Statistik megenai domain pemberi backlink. Berdasarkan kasus di atas, 80% backlink didapatkan dari ekstensi domain .com (blogspot.com juga termasuk)
  • Bagian D : Statistik mengenai jenis backlink. Baik itu jumlah link yang dofollow dan juga yang nofollow. Sitewide untuk link yang muncul disetiap halaman dan Not Sitewide adalah sebaliknya.
  • Bagian E : Merupakan statistik pertumbuhan link dengan interval waktu 1 hari. Anda bisa lihat berapa jumlah link yang anda dapatkan dan juga hilang per harinya.
Perlu anda ketahui, dengan menggunakan satu ID free anda hanya bisa memeriksa 3 domain per harinya. Jadi cobalah tentukan 3 domain yang menurut anda tepat. Dengan tools ini juga anda bisa mengetahui tempat-tempat dimana para blogger lain mendapatkan backlink untuk blog mereka.

Saran saya adalah, cobalah intip backlink dari blog peserta kontes SEO terbaru. Karena biasanya backlink yang mereka dapatkan itu masih fresh.

Baiklah saya rasa demikian artikel kali ini mengenai Cara Mengetahui Jumlah Backlink Blog semoga bermanfaat dan happy blogging !