Cara Mengetahui Artikel yang di Copas (Copy Paste)

Cara Mengetahui Artikel yang di Copas (Copy Paste) - Bagi anda seorang blogger, tentunya menulis merupakan pekerjaan yang menarik bukan ? Memang halnya menulis adalah tujuan utama orang membuat blog.

Kita semua mengetahui bahwa konten utama sebuah blog adalah artikel. Maka dari itu tidak heran jika banyak orang menggunakan berbagai macam cara untuk mendapatkannya.

Ada yang menulis artikel sendiri, ada yang menyewa jasa penulis, ada juga yang membeli artikel dari orang lain, itu semua sah-sah saja. Karena dalam hal tersebut tidak ada yang dirugikan dan keuntungan didapatkan secara timbal balik.

Cara Mengetahui Artikel yang di Copas (Copy Paste)


Tapi ada juga orang yang mendapatkan artikel dengan cara menjiplak atau copy paste dari blog orang lain. Cara yang seperti ini yang tidak bisa diberi toleransi dan harus segera di beri pelajaran. Ada banyak cara untuk menanganinya mulai dari memberitahu si penjiplak secara baik-baik maupun secara tegas dengan cara melaporkannya ke Google dan search engine lainnya.

Kali ini saya akan fokus dahulu untuk membahas bagaimana cara kita mengetahui artikel pada blog kita yang di copas atau di jiplak oleh orang lain.

Cara Mengetahui Artikel yang di Copas

  • Silakan tentukan artikel blog anda yang ingin anda jadikan sample, agar lebih tepat gunakanlah artikel populer di blog anda.
  • Setelah itu coba anda copy sebuah frasa atau kalimat unik dari artikel anda tersebut. Dalam kasus ini saya coba mengcopy sebuah frasa Nah, kali ini saya akan memberitahu anda bagaimana caranya membuka file yang di hide oleh virus tersebut
Cara Mengetahui Artikel yang di Copas (Copy Paste)

  • Kemudian paste frasa yang tadi sudah anda copy. Berikan tanda kutip 2 (") pada awal dan akhir kalimat. Nantinya akan jadi seperti ini 
 "Nah, kali ini saya akan memberitahu anda bagaimana caranya membuka file yang di hide oleh virus tersebut"
  • Silakan anda tekan ENTER atau tombol SEARCH dan lihat hasilnya. Untuk artikel pada contoh ada 79 hasil yang muncul. 


Cara Mengetahui Artikel yang di Copas (Copy Paste)

Untuk hasil yang lebih valid, anda bisa membuka masing-masing halaman yang muncul pada hasil pencarian tadi. Jika ternyata artikelnya sama persis dengan artikel pada blog anda maka anda perlu mengambil tindakan.

Tindakan awal bisa dimulai dengan cara memberitahu si pemilik blog bahwa anda merasa keberatan dengan tindakan copy paste yang dilakukannya.

Jika cara di atas tidak digubris oleh si pemilik blog, maka anda perlu mengambil tindakan lebih lanjut. Untuk itu saya memberikan referensi artikel Cara Mengatasi Pencuri Artikel 

Baiklah, saya rasa artikel kali ini mengenai Cara Mengetahui Artikel yang di Copas (Copy Paste) cukup sampai disini. Semoga bermanfaat dan Happy blogging !