Cara Memasang Komentar Google Plus

Seperti yang kita ketahui bahwa belakangan ini blogger telah menambahkan beberapa fitur untuk dashboardnya. Mulai dari editor html untuk template yang memiliki tampilan baru hingga penambahan fitur Google + Comment system untuk blogger. Sudah tahukah anda ?

Sebenarnya mengaitkan antara jejaring sosial dan juga blog memang sudah menjadi tujuan google, dalam hal ini jejaring sosial tersebut adalah Google plus. Seperti kata-kata yang ada pada dasboard blogger mengatakan " Enam Cara Meningkatkan Blog Anda dengan Google +" . 

Dari keenam cara tersebut, salah satunya adalah dengan memasang sistem komentar Google plus itu sendiri. Nantinya sistem komentar pada artikel akan terhubung langsung dengan yang ada di Google plus, bahkan menurut saya ini lebih baik jika dibandingkan dengan sistem komentar lainnya.

Untuk contoh, bisa anda lihat sendiri di kolom komentar blog ini. Sekarang kita langsung saja ke cara memasangnya !

Cara Memasang Komentar Google Plus
Image : www.spiceupyourblog.com

Cara Memasang Komentar Google Plus

  • Silahkan anda login ke dalam akun blogger anda
  • Anda harus menuju ke bagian tab Google +
Cara Memasang Komentar Google Plus

















  • Centang kotak "Gunakan Google + Komentar di Blog ini ?" 
Cara Memasang Komentar Google Plus

  • Dengan sendirinya proses akan berjalan dan sekarang coba lihat tampilan kolom komentar anda
Perlu anda ketahui bahwa kotak komentar Google Plus bisa langsung muncul jika anda menggunakan template standar dari blogger. Jadi jika anda menggunakan custom template biasanya kotak komentar ini tidak langsung muncul begitu saja. Kita perlu melakukan sedikit setting disini.

Pernah di bahas oleh +Rasito Rastam didalam blognya yang berjudul Menampilkan Google Plus Comment pada Custom Blogger Template. Dan terbukti berhasil untuk blog dengan custom template lain, tapi tidak untuk blog ini. 

Lalu selain cara dari mas Rasito, ternyata masih ada cara lainnya yang akan saya coba tuliskan disini. Jadi, jika melalui cara dari mas Rasito ternyata komentar Google Plus anda masih belum muncul maka cobalah cara berikut.

  • Masuk ke bagian TEMPLATE lalu pilih EDIT HTML
  • Cari kode berikut "<div class='comments' id='comments'>" . Seperti biasa, gunakan CTRL + F untuk memudahkan pencarian anda.
Cara Memasang Komentar Google Plus

  • Setelah anda mendapatkan kode tersebut, lalu pastekan kode 
  • <div class='cmt_iframe_holder' expr:data-href='data:post.canonicalUrl' expr:data-viewtype='data:post.viewType'/>  tepat dibawah kode tadi. 
  • Terakhir save template anda dan lihat perubahannya 

Sejauh ini cara diatas berfungsi untuk beberapa template yang saya gunakan. Tapi bukan menutup kemungkinan bahwa ada beberapa custom template yang tetap saja tidak bisa memunculkan komentar dari google plus. Jika anda memiliki cara lain, mungkin anda bisa membaginya melalui kolom komentar di bawah.

Baiklah, saya rasa artikel kali ini mengenai Cara Memasang Komentar Google Plus cukup sampai disini saja. Semoga bermanfaat dan happy blogging !