Cara Membuat Link di Blog

Cara Membuat Link di Blog

Cara Membuat Link di Blog - Link atau yang sering kita sebut Tautan bisa berbentuk teks tulisan atapun gambar yang berfungsi sebagai penghubung antara halaman website yang satu dengan yang lainnya sesuai ketentuan dari yang membuatnya.

Sebagai seorang webmaster tentu anda sudah tidak asing lagi dengan yang namanya link. Link itu erat kaitannya dengan website dan semua website pasti memiliki link. Selain sebagai elemen pembentuk website, link juga sangat berguna dalam hal SEO.

Cara Membuat Link

Cara Membuat Link di Blog
Image : Domainindo.com

Sebenarnya ada banyak sekali cara membuat link. Itu karena banyaknya aplikasi serta web language yang berbeda-beda. Tapi rasanya bahasa HTML lah yang paling banyak digunakan. Apabila anda menggunakan layanan blog berbasis HTML seperti Blogger, anda bisa menggunakan cara di bawah ini :

<a href="http://www.digitalareas.blogspot.com">Digital Areas</a>

Nantinya link yang terbentuk akan seperti ini : Digital Areas

Dari kode di atas, bagian yang berwarna biru adalah alamat URL yang akan dituju. Sedangkan bagian yang berwarna merah berfungsi sebagai teks yang nantinya ditampilkan.

Selain itu anda juga bisa menambahkan atibut lainnya ke dalam link yang anda buat. Title Tag adalah atribut yang sering digunakan
  • Title Tag : Ini merupakan tag dalam HTML yang biasanya terdapat pada link. Berguna sebagai teks alternatif pada saat kursor mendekati teks link. Nantinya title tag ini dapat digunakan untuk menambahkan tulisan tambahan sehingga menarik minat orang lain untuk mengklik tautan tersebut.
Di bawah ini adalah contoh kode HTML link yang menggunakan Title tag :

<a href=”http://digitalareas.blogspot.com/” title=”Tutorial Blogging Terbaru” >Digital Areas</a>

Hasilnya akan seperti ini :  Digital Areas (Arahkan kursor anda ke teks)

Dari kode di atas, bagian yang berwarna biru adalah alamat URL yang akan dituju. Bagian yang berwarna merah adalah teks alternatif untuk link yang anda buat. Sedangkan yang berwarna orange adalah teks yang nantinya akan ditampilkan untuk di klik.

Anda juga bisa membuat link yang jika di klik maka akan muncul di tab baru pada browser. Untuk itu kita perlu menamhkan kode target="_blank" pada link anda tadi. Saya akan berikan contoh kodenya di bawah ini.

<a href="http://digitalareas.blogspot.com/" target="_blank">Digital Areas</a>

Nantinya akan seperti ini : Digital Areas

Kode Target Blank berfungsi untuk membuka link pada tab baru.

Sebenarnya masih banyak lagi cara pembuatan link. Itu dikarenakan banyak aplikasi pembuat web yang digunakan di dunia. Disamping itu semua, saya rasa kode HTML masih banyak digunakan.

Rasanya cukup sekian dulu artikel Cara Membuat Link di Blog , semoga bermanfaat !