Mohon Maaf, Komentar Anda Saya Hapus atau di Moderasi

Tepat pada tanggal 23 bulan Maret, blog ini sudah berumur 5 bulan. Itu artinya sudah 5 bulan juga saya  melakukan optimasi terhadap blog ini. Sejak mulai berdirinya blog ini sampai dengan sekarang, saya hanya fokus pada 2 hal yaitu : Bagaimana saya melakukan link building, dan melakukan update konten dengan frekuensi yang cukup rutin.

Kondisi tersebut membuat saya sedikit kurang memperhatikan masalah komentar yang muncul di blog ini. Saya menerapkan sistem Auto Approve pada kolom komentar dengan tujuan untuk memudahkan anda melakukan komentar, dan juga meenghemat waktu saya karena tidak perlu menyetujui setiap komentar anda untuk di tampilkan.

Tapi sayangnya kemudahan yang saya berikan tersebut disalahgunakan oleh beberapa pengunjung blog ini. Ada yang berkomentar dengan meletakan link aktif yang jelas-jelas melanggar peraturan yang sudah saya tentukan sejak awal, selain itu ada juga yang berkomentar dengan bahasa tidak baku, dan yang paling menyebalkan adalah orang yang berkomentar dengan basa-basi dan tidak sesuai dengan isi artikel.

Komentar Saya Moderasi

Terhitung mulai dari hari ini, kolom komentar pada blog ini akan saya moderasi. Jadi, ketika anda berkomentar maka komentar anda tidak serta merta muncul di bagian komentar. Saya akan melihat setiap harinya komentar mana yang layak dan tidak layak untuk disetujui.

Saya akan menampilkan komentar-komentar yang berkualitas, tetapi saya akan mengedit ataupun menghapus komentar yang saya rasa tidak berkualitas. Mohon maaf, apabila salah satunya adalah komentar anda.

Komentar Saya Hapus

Sebenarnya saya tidak mau sampai begini repot untuk menghapus komentar-komentar yang diberikan oleh pengunjung. Tapi semakin hari, semakin bertambah saja komentar yang kurang berbobot. Ada beberapa kriteria komentar yang saya hapus :

1. Tidak Menggunakan Bahasa Baku

Ini yang kerap sekali terjadi, banyak komentar yang masuk ke blog ini dengan menggunakan bahasa yang tidak baku. Setelah saya cek ternyata terdapat sekitar 34 komentar seperti ini. Alhasil, dengan berat hati saya hapus semua komentar tersebut.

Rasanya sedikit kurang nyaman juga jika kita membaca komentar dengan bahasa yang seperti ini. Karena tidak semua pembaca dapat mengerti apa yang disampaikan dalam komentar tersebut.

Saya berharap anda dapat menggunakan bahasa yang baik dan baku dalam berkomentar, karena memang arikel yang saya buat juga menggunakan bahasa yang baik dan baku. 

2. Berisi Basa Basi

Saya sudah memasang note di bagian kolom komentar yang berisi "Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel" . Tapi ternyata masih banyak juga orang yang berkomentar basa-basi dan tidak sesuai dengan isi artikel. Saya sendiri tidak mengetahui apa maksudnya, mungkin karena terburu-buru, sekedar mencari backlink, atau mungkin berniat melakukan "spam".

Perlu anda ketahui bahwa blog ini bersifat nofollow dan bukan dofollow. Jadi setiap komentar anda dengan menggunakan kata kunci sebagai nama tidak akan diindeks sebagai backlink oleh Google.

Banyak contoh komentar sepert ini, misal saja : 
  • Nice inpoh ! 
  • Thanks udah berbagi
  • Artikel yang sangat menarik
  • Informasi yang sangat berharga
  • dan sejenisnya ...
Tentu komentar-komentar seperti itu akan saya hapus dan tidak akan muncul di blog ini. Jadi saran saya adalah berkomentarlah yang sesuai dengan isi artikel. Saya tidak melarang anda menggunakan pilihan NAME/URL pada saat berkomentar, karena memang dengan cara itu saya bisa melakukan kunjungan balik ke blog anda.

3. Berisi Penghinaan atau Kebencian

Untungnya sampai saat ini saya belum pernah mendapatkan komentar seperti ini, dan semoga saja tidak akan pernah mendapatkannya. Sama seperti kedua kriteria di atas, komentar seperti ini pasti akan saya hapus karena tidak sesuai dengan etika yang berlaku.

Disamping itu, saya selalu menerima kritik dari anda. Baik itu kritik yang pedas sekalipun. Jika anda rasa mempunyai kritik terhadap saya, silahkan kirimkan secara pribadi melalui halaman kontak.


Baiklah, saya rasa kriteria-kriteria seperti di atas sudah sangat jelas saya beritahukan. Jadi harapan saya kedepannya adalah tidak akan ada lagi komentar yang harus di hapus karena melanggar peraturan. Terlepas dari itu semua, saya mohon maaf jika ada salah satu komentar anda yang saya edit atau hapus.