Tips Memilih Domain yang Baik

Tips Memilih Domain yang Baik

Tips Memilih Domain yang Baik - Anda sedang berniat untuk membeli sebuah custom domain ? mungkin untuk membuat toko online, blog, forum atau apapun yang masih berbasis website. Tahukah anda kalau nama domain bisa menentukan kesuksesan dan kredibilitas dari website yang akan anda buat.

Untuk memilih sebuah domain yang baik pastinya ditentukan oleh beberapa parameter yang akan saya bahas satu per satu :

1. Pilih Nama yang Sesuai

Nama dari domain dapat menentukan seperti apa website yang ada di dalamnya. Hal ini betul-betul terasa jika anda ingin membuat sebuah toko online atau sebuah website untuk brand anda. Kita ambil contoh anda ingin membuat sebuah toko online yang menjual berbagai jenis parfume. Maka ada baiknya bila anda menggunakan nama domain semisal www.duniaparfume.com , www.grosirparfume.com

Dengan menggunakan domain seperti itu, orang lain dapat mengetahui bahwa website anda itu berisikan tentang parfume tanpa harus mereka membukanya terlebih dahulu. 

2. Simple dan Mudah di Ingat

Akan sangat baik bila anda memilih domain yang sederhana. Nama yang sederhana akan sangat baik untuk dikembangkan menjadi sebuah brand. Domain yang sederhana biasanya terdiri dari 1 sampai 2 suku kata saja. Untuk 3 suku ke atas sudah dibilang agak rumit. Seperti yang kita tahu bahwa saat ini ada beberapa website terkenal didunia yang menggunakan domain sederhana dan mudah diingat semisal www.facebook.com , www.youtube.com, www.google.com, www.wordpress.com, www.blogger.com 

Menurut saya nama-nama domain di atas sangatlah mudah untuk diingat. Tidak perlu berkali-kali untuk membuka, hanya sekali saja saya langsung dapat ingat nama-nama tersebut.

3. Gunakanlah ekstensi .com

Banyak daftar dari Top Level Domain (TLD) seperti .info , .net , .org , .gov , .edu. Tapi coba anda pikirkan kembali, dari semua TLD tersebut ekstensi .com lah yang paling populer saat ini. Bahkan ayah saya yang tidak mengerti internet saja tahu kalau sebuah website itu biasanya diawali dengan WWW dan diakhiri dengan ekstensi .com

4. Hindari Pengunaan Angka dan Tanda Hubung

Sebisa mungkin hindarilah penggunaan angka dan tanda hubung. Hal ini merujuk kepada kemudahan orang untuk mengetikan domain anda. Dengan adanya indikasi penggunaan angka dan tanda hubung akan membuat orang merasa kesulitan untuk mengetikan domain anda.

5. Jangan Menggunakan Nama Domain yang Berbau SARA

Hal ini tentunya harus dihindari oleh anda pada saat pemilihan nama domain karena bisa saja bisa merugikan website anda. Bisa saja google memblacklist website anda dari pencarian dikarenakan adanya konten berbau SARA atau bila apes nya lagi anda bisa berhubungan dengan hukum untuk masalah ini.

6. Mulai Cari Dari Sekarang

Bila anda memang sudah berencana untuk membuat sebuah website dengan custom domain. Janganlah ditunda-tunda lagi, mulailah untuk berpikir menentukan ide-ide dari nama domain yang anda inginkan. Karena bila anda tunda semakin lama, maka kesempatan anda untuk memiliki nama domian impian akan semakin kecil. 

Setiap harinya, jumlah orang yang membeli domain terus bertambah dan bisa saja nama domain yang anda inginkan tersebut sudah diambil oleh orang lain.


Berikut di atas adalah tips-tips dalam memilih domain yang baik. 6 Hal di atas hanyalah sebatas parameter untuk menentukan yang baik dan yang tidak. Bukan berarti itu semua harus dipenuhi. Terkadang dalam prakteknya ke 6 hal di atas tidak bisa sepenuhnya terealisasi. Baiklah sampai ke penghujung artikel, saya harap dengan artikel berjudul Tips Memilih Domain yang Baik dapat membantu anda dalam menentukan nama domain untuk website anda. Semoga bermanfaat !